Peluang Usaha Agrobisnis Potensial, Apa Saja Itu ?

Peluang Usaha Agrobisnis Potensial, Apa Saja Itu ?

Peluang usaha agrobisnis potensial di berbagai daerah pada dasarnya tidaklah sama, hal ini dipengaruhi oleh keadaan geografis dan juga letak dari suatu wilayah. Memang, peluang usaha di bidang ini tidak sepesat sektor lainnya seperti jasa, properti, perbankan dan lain-lain. Akan tetapi usaha di sektor agrobisnis ini khususnya di Indonesia jelas masih sangat terbuka lebar mengingat letak daripada wilayah Indonesia berada di daerah khatulistiwa sehingga hampir seluruh tanah pertaniannya mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang tahunnya. Dengan begitu produk pertanian yang ada bisa dipanen sepanjang tahun juga dan ini tentu berimbas pada ketersediaan hasil pertanian yang tidak akan terputus.

peluang usaha agrobisnis potensial


Jadi memang peluang usaha di bidang agrobisnis bisa dikatakan sangatlah potensial apabila benar-benar dikembangkan oleh para wirausaha, karena dalam sektor ini bisa dikerjakan mulai dari skala yang kecil, menengah maupun dengan skala yang besar sekalipun tergantung dari kemampuan masing-masing. Berbicara mengenai peluang usaha agrobisnis sebenarnya tidak hanya terpaku pada satu atau dua bidang saja, melainkan ada banyak bidang yang memiliki prospek meyakinkan untuk kedepannya seperti beberapa bidang di bawah ini :

  • Bidang penyediaan pupuk dan pestisida
  • Bidang pengepakkan
  • Bidang bibit dan benih
  • Bidang budi daya
  • Bidang transportasi (Pemborong, pengepul, bandar, pemasok maupun pengecer)
  • Bidang keuangan ( kerja sama dalam pemberian modal)
  • Bidang jasa (penyerbukan, penanaman bibit dll.)


Adapun sistem pemasaran produk pada sektor pertanian memang cukup kompleks jika dibandingkan dengan komoditas yang lainnya. Mengapa demikian? karena sifat daripada masing-masing produk sangatlah berbeda. Di samping itu produk-produk pertanian sendiri juga bisa di terima oleh semua lapisan dalam hal pemasarannya seperti halnya toko-toko, pasar, swalayan, grosir dan bahkan pedagang eceran sekalipun.

Oleh sebab itu, anda dapat memilih sekiranya bidang mana yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan anda. Karena pada dasarnya dalam usaha agrobisnis sendiri juga mempunyai peran yang sangatlah penting serta untuk kedepannya juga memiliki prospek yang sangat potensial mengingat tingkat persaingan pada sektor ini belum begitu banyak. Jadi anda bisa terus memaksimalkan peluang usaha bidang agrobisnis ini.
Posted by Unknown, Published at 8:21 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi Peluang Usaha Terbaru | Partner Dapur Masak